TIPS SUKSES MENGHADAPI UAS


Dewasa kiniPerkembangan Pendidikan di Indonesia sudah Meningkat, ditambah dengan Kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013. UAS atau ujian akhir semester merupakan suatu rangkaian pengujian materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa pada akhir semester. UAS dilaksanakan setiap 6 bulan sekali, pada akhir semester ganjil dan semester genap. Sering kali UAS dapat menjadi beban bagi para mahasiswa, baik beban mental maupun beban emosional karena akumulasi jumlah materi yang ada dan waktu yang relatif singkat. Tetapi, jangan khawatir dan resah untuk menghadapi Ujian Akhir Semester. Ada beberapa tips yang dapat membuat perjalanan UAS menjadi lancar.


1. Buatlah Manajemen Waktu
Jauh-jauh sebelum UAS, kita harus bisa membagi waktu agar saat ujian akhir semester berlangsung, tidak terganggu dengan aktivitas lainya. Selesaikan terlebih dahulu tugas dan agenda acara yang ada sebelum UAS. Buatlah time schedulle belajar agar dapat membagi waktu yang adil untuk belajar masing-masing mata kuliah.

2. Membuat Kelompok BelajarKelompok belajar dapat menjadi tempat kita untuk saling bertukar pengetahuan dan belajar antarsesama teman. Materi yang sulit untuk kita pahami, akan menjadi lebih mudah ketika kita berdiskusi dengan teman yang memahami materi tersebut
.

3. Kumpulkan materi dari kelas lain
Dalam melengkapi materi yang akan dipelajari untuk menghadapi UAS, kita bisa mengumpulkan materi dari kelas-kelas lain dengan jurusan dan angkatan yang sama. Walaupun mengajar mata kuliah yang sama, belum tentu dosen di kelas lain menyampaikan materi yang sama dengan materi yang disampaikan oleh dosen/guru kita.

4. Hindari "SKS" atau Sistem Kebut Semalam
Sistem kebut semalam adalah salah satu cara belajar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, hindarilah cara belajar yang seperti ini karena seringkali dapat membuat keteteran dalam mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksimal dan dapat berakibat menghasilkan niat mencontek. Lebih baik, kita mencicil sedikit demi sedikit saat menjelang UAS untuk belajar. Agar tidak terjadi "kebanjiran materi" yang diselesaikan dengan SKS. Manfaatkanlah waktu minggu tenang yang diberikan oleh kampus.

5. Pilih dan Tentukan Cara Belajarmu
Cara belajar masing masing individu berbeda. Pilihlah metode belajar yang tepat bagi kalian agar dapat menguasai materi yang akan diujikan. Bisa dengan belajar kelompok maupun mandiri, selain itu juga dapat belajar dengan metode verbal, audio maupun media lainya yang dapat membantu kita. Buatlah cara belajarmu nyaman dan mudah. Contoh dengan catatan warna-warni, sambil mendengarkan musik dan lain-lain.

6. Fokus saat Belajar
Saat belajar, sebisa mungkin lepaskan diri kita dari hal-hal yang bisa memecah konsentrasi, seperti Twitter, Facebook, games, dan sebagainya. Beberapa hal tersebut hanya akan membuat kita tidak fokus ketika belajar, dan tentunya otak kita juga tidak bekerja maksimal dalam menyerap materi yang dipelajari

7. Pelajari Kisi - Kisi 

Apabila dosen/guru kita berbaik hati untuk memberikan kisi-kisi soal, pelajarilah dengan baik. Kemungkinan besar beberapa soal dari kisi-kisi tersebut pasti akan menjadi bagian dari soal ujian nantinya.

8. Teliti dalam Membaca soal
Keterbatasan waktu dalam ujian terkadang membuat kita terburu-buru dalam membaca soal. Pastikan kita membaca soal dengan teliti dan memahami perintah dari soal tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kita menuliskan jawaban yang tidak sesuai dengan soal.


9. Jagalah Kesehatan
Menjelang UAS biasanya banyak tenaga yang terforsir karena padatnya aktivitas. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dan bergizi seimbang, agar tetap sehat dan dapat menjalani UAS dengan lancar. Perbanyak konsumsi buah buahan, jika perlu minumlah suplemen kesehatan agar dapat menjaga daya tahan tubuh.

10. Berdoa
Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberi kelancaran dalam mengerjakan UAS dan diberi hasil yang maksimal. Mintalah restu orang tua sebelum uas agar hati kalian tenang.

Jadi, janganlah kalian stres dan panik menghadapi UAS. Jangan menganggap remeh UAS. Tetap jaga konsistensi sebagai mahasiswa yang memiliki responsibilty tinggi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
Semoga Sukses!

0 Response to "TIPS SUKSES MENGHADAPI UAS"

Post a Comment